9 Nutrisi seimbang anak

No Comments 414 Views0


ea

Setiap orang tua tentu sudah tahu bahwa sebagai orang tua yang baik haruslah memberi asupan makanan yang baik dan seimbang bagi anak mereka. Namun makanan anak yang seimbang seperti apa, zat apa saja yang harus terkandung di dalamnya serta bagaimana penyajiannya tentu harus diketahui, Untuk langkah awal, berikut ini jenis makanan beserta zat yang dikandungnya.

1. Protein

Protein membantu pembentukan sel tubuh, mengubahnya menjadi energi, memerangi infeksi serta mengangkut oksigen. Jika Anda ingin pertumbuhan fisik anak yang maksimal, proteinlah jawabannya. Diantara makanan yang kaya akan protein adalah daging, ikan, makanan laut, telur serta biji-bijian.

2. Karbohidrat

Biasanya orang yang sedang menjalani diet harus mengurangi karbohidrat agar cepat turun berat badannya. Padahal sebagaimana kita tahu, karbohidrat adalah sumber energi yang paling penting, terutama untuk mengubah lemak dan protein menjadi energi. Diantara jenis makanan yang mengandung karbohidrat adalah nasi, sereal, kentang, roti dan juga pasta.

3. Lemak

Lemak menjadi sumber energi untuk anak. Lemak juga membantu membentuk jaringan. Lemak yang ada dalam tubuh memiliki fungsi tersendiri, sehingga ini juga harus dipenuhi. Diantara makanan yang mengandung lemak adalah daging, ikan dan kacang.

4. Kalsium

Kalsium membantu membentuk tulang dan gigi, terutama pada anak-anak. Kalsium ini bisa ditemukan dalam beberapa jenis makanan diantaranya susu, yoghurt, es krim, brokoli, dan bayam.

5. Zat besi

Zat besi amat berguna untuk membentuk dan membangun darah yang sehat yang akan membawa oksigen ke seluruh tubuh. Diantara makanan yang banyak mengandung zat besi adalah daging merah, biji-bijian, kacang dan gandum.

6. Folat

Selain untuk si ibu, folat juga amat berguna untuk anak. Folat berguna untuk membentuk dan membangun jaringan serta perkembangan sel anak. Diantara makanan yang banyak mengandung folat adalah asparagus, bayam dan sereal gandum

7. Serat

Serat membantu melancarkan metabolisme tubuh. Selain itu, serat juga membantu mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker. Diantara jenis makanan yang mengandung serat adalah sereal gandum, sayur dan buah serta kacang-kacangan. Makanan yang mengandung banyak serat amat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Perbanyak konsumsi serat untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *