7 Cara Memandikan Bayi Baru Lahir (BBL)

No Comments 248 Views0


Kesehatan Bayi Baru Lahir (BBL) menjadi hal yang sangat perlu untuk diperhatikan bunda demi tumbuh kembang bayinya. Sebagai contoh, ketika bayi kencing dan buang air besar, maka bersihkan segera dengan air lalu keringkan dan kenakan pakaian. Hal ini perlu dilakukan secara cepat dan cermat agar bayi tidak terlalu lama kedinginan. Selain itu, bagi kesehatan tangan bunda sendiri, hendaknya mencuci tangan dengan mengenakan sabun dan air mengalir sebelum dan sesudah memegang bayi.

Selain itu, memandikan bayi juga merupakan hal yang sangat penting dilakukan untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan buah hati.

Berikut adalah 7 cara memandikan bayi yang diperoleh dari publikasi resmi Kementerian Kesehatan Indonesia.

  1. Saat bayi lahir, bayi tidak boleh segera dimandikan. Bayi baru boleh dimandikan paling cepat 6 jam setelah dia lahir bunda. Jadi bunda harus menunggu 6 jam kemudian setelah bayi tersebut lahir untuk bisa dimandikan.
  2. Mandikan bayi dengan air hangat di ruangan yang hangat pula. Hal ini untuk menjaga suhu tubuh bayi yang mudah dingin ketika lahir, maka dari itu diperlukan tempat yang hangat untuk bayi dimandikan.
  3. Mandikan dengan cepat, bersihkan muka, leher, ketiak dan tali pusat dengan air dan sabun. Jangan memandikan terlalu lama karena bayi mudah dingin. Lakukan proses pemandian dengan cepat ya bunda~
  4. Keringkan seluruh tubuh dengan cepat menggunakan handuk atau kain kering.
  5. Setelah kering, bunda bisa langsung memakaikan baju maupun topi untuk bayi. Bunda juga harus membungkus bayi dengan selimut ataupun kain kering ya~
  6. Bayi tidak boleh dibedong terlalu ketat. Bayi masih dalam keadaan rapuh ketika dia lahir, maka tidak boleh terlalu ditekan ya bunda. Bedonglah dengan longgar.
  7. Jangan memandikan bayi jika bayi demam atau pilek

Nah bunda, itu tadi hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memandikan si buah hati. Untuk memandikan bayi, sebaiknya bunda menggunakan sabun khusus bayi karena kulit bayi masih sensitif jika diberi sabun orang dewasa. Semoga artikel ini dapat membantu bunda terutama bunda yang masih baru untuk lebih paham cara memandikan sang buah hati ya~

 

*sumber: diolah dari publikasi data depkes.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *