6 Alasan kenapa membaca bersama anak itu penting

No Comments 493 Views1


red

Manfaat jika Anda mau dan memiliki waktu untuk membaca bersama anak sangat banyak. Berikut ini ada 6 hal yang menjadi alasan kenapa membaca bersama anak itu penting.

1. Kuatkan hubungan

Dengan melakukan kegiatan bersama anak, Anda akan lebih bisa menguatkan hubungan dan juga ikatan batin. Kegiatan yang Anda lakukan bersama, nyata memberikan banyak manfaat selain melatih anak meningkatkan kemampuan membacanya.  Sebenarnya tak hanya membaca, Anda juga bisa menguatkan hubungan dengan jalan lain, belanja bersama misalnya. Namun itu bisa Anda lakukan sesekali saja. Sedangkan mambaca bisa Anda lakukan bersama anak setiap hari.

2. Anda akan membawa sihir

Sihir magis yang akan Anda bagikan pada anak adalah sebagai pendongeng. Apa yang Anda baca dan sajikan dalam buku, bisa Anda ceritakan lagi dengan bahsa yang lebih mudah dipahami dan menarik. Akan lebih terlihat jelas bedanya jika buku cerita yang dibawakan bergambar menarik.

3. Dengan nada

Berlatih membaca buku bisa dipercepat dengan memakai nada lagu. Anda bisa mulai mengkreasikan bagian mana dalam bacaan yang bisa dimasukkan dalam nada lagu. Nyatanya nada mampu lebih cepat dipahami anak. Mereka bisa mudah mengerti apa yang dimaksudkan dan dipelajari dalam buku menggunakan perantara nada lagu tertentu.

4. Kembangkan imajinasi anak

Jika Anda mengajarinya membaca, Anda memakai metode dongeng dalam menyampaikan apa yang ada dalam buku tersebut. Ini akan berdampak baik untuk anak mengembangkan imajinasinya lebih tinggi. Intonasi bicara, nada, suara dan ekspresi yang Anda tunjukkan membuat ia mampu berimajinasi mengenai cerita tersebut.

5. Meningkatkan konsentrasi

Konsentrasi anak juga bisa ditingkatkan dengan pola membaca dan bercerita seperti yang dipaparkan sebelumnya. Anak akan berusaha memahami apa yang Anda sampaikan dan ceritakan, ia menggunakan kemampuan mata dan pikirannya untuk berkoordinasi mengenai hal apa yang ingin Anda sampaikan.

6. Bantu kuatkan percaya diri

Percaya atau tidak, membaca mampu meningkatkan kepercayaan diri anak lebih baik lagi. Hal ini karena konsentrasi dan kecerdasan serta imajinasi mereka yang sudah terlatih sejak dini, menjadikan mental anak lebih kuat.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *