5 Kesalahan yang dilakukan orang tua

No Comments 614 Views1


pr

Semua orang tua pernah melakukan kesalahan dalam pengasuhan anak. Tak percaya? Anda harus baca beragam kesalahan yang dilakukan oleh orang tua yang akan kami sampaikan berikut ini.

1. Panik pada banyak hal

Sebagai orang tua baru tentu saja banyak hal yang belum diketahui secara mendalam. Pengetahuan baru tentang bagaimana mengasuh dan pola pengasuhan yang baik, menjadi perhatian dan kewajiban yang perlu diketahui oleh semua orang tua baru. Namun, ketidaktahuan ini justru disikapi kurang baik oleh mereka, ketika menjumpai hal yang baru dialami. Ini menjadikan mereka panik terhadap banyak keadaan dan kondisi. Bukan menyelesaikan dan mengatasi masalah, justru membuat semua lebih rumit. Jadi, akan lebih baik jika Anda tetap tenang.

2 Tak membiarkan ia menangis

Kesalahan selanjutnya yang dilakukan oleh para orang tua adalah tak membiarkan mereka menangis keras. Orang tua biasanya akan berusaha menghentikan tangisan anaknya. Padahal dengan menangis si anak akan lebih bisa mengeluarkan yang ada di dalam hatinya dan ia rasakan, sehingga nanti kalau sudah selesai, ia akan lebih tenang dan diam. Menangis adalah hal yang paling mendasar dari seorang bayi, maka wajar saja jika mereka sering menangis untuk mengungkapkan apa yang mereka ingin atau rasakan.

3. Membangunkannya untuk menyusui

Ini hal yang biasa dilakukan oleh para ibu. Mereka akan membangunkan bayinya untuk disusui. Padahal seorang bayi memang membutuhkan istirahat yang total dan tak diganggu, apalagi dalam tidurnya di malam hari. Maka dari itu, jika Anda sering membangunkan bayi Anda saat malam hari ataupun saat ia tertidur, coba rubah. Anda bisa menyusui mereka saat siang hari atau saat mereka terbangun saja.

4. Menyangkal pernikahan

Salah satu hal yang sering dialami oleh pasangan yang baru menikah dan memiliki anak adalah konflik-konflik kecil yang menyapa. Hal-hal seperti ini memang harusnya menjadi penyedap dalam pernikahan, namun bisa menjadi masalah dan juga sumber petaka ketika sebuah masalah tak segera diselesaikan. Hal ini tanpa sadar akan memberi efek negatif untuk anak, walaupun ia masih bayi. Ia bisa merasakan orang tuanya sedang bermasalah.

5. Terima saran yang sembarangan

Kadangkala, orang tua yang panik akan menerima usulan dan saran apa saja yang diberikan orang di sekitarnya tanpa pertimbangan. Hal seperti ini bisa menimbulkan masalah di kemudian hari jika itu hanya saran tanpa dasar yang dapat dipertanggungjawabkan.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *