5 Cara mudah membuat bayi lebih pintar

No Comments 529 Views0


am

Ada banyak cara untuk membuat bayi Anda menjadi lebih pintar. Berikut ini cara-caranya.

1. Stimulasi penglihatan bayi

Untuk menstimulasi penglihatan bayi, Anda bisa membuat kontak mata. Ketika mata bayi Anda terbuka, Anda bisa melihat kedalam matanya. Anak bayi bisa mengenali wajah dengan lebih cepat, maka akan lebih baik jika bayi mengenal dahulu wajah Anda sebagai ibunya. Anda juga bisa membiarkan ia melihat kedalam cermin saat memungkinkan. Ia akan menyukai anak yang ada dalam cermin, yaitu dirinya sendiri. Ini bisa memicu senyuman dan  pergerakan ringan tubuhnya. Cara lain yaitu dengan memperlihatkan 2 gambar berbeda lalu biarkan ia mengenalinya.

2. Ajak ngobrol, buat ia tertawa

Anda bisa menyanyikan lagu-lagu dengan disertai ekspresi wajah yang menarik perhatiannya. Anak akan menyukai mendengar nyanyian dan juga ekspresi wajah yang menyenangkan. Dengan menggunakan intonasi suara ibu, bayi Anda akan merasa nyaman dan bahagia dengan yang Anda lakukan.Anda juga bisa mengasah kemampuannya dengan sering mengajak anak berbicara. Walaupun ia tak mengerti dengan apa yang Anda katakan, ia bisa memahami dari intonasi bicara Anda.

3. Lakukan yang Anda bisa

Anda memiliki banyak kesempatan untuk bisa membangun hubungan dan ikatan batin dengan anak lebih baik. Maka untuk semakin memantapkannya, Anda bisa melakukan apa saja yang bisa dan sempat Anda lakukan agar ia bisa lebih akrab dengan ibunya, dan Anda semakin kuat ikatan dengan anak. Seperti menyusui, mengganti popok, atau memandikannya. Jika Anda sempat maka tak perlu menggunakan jasa pengasuh atau pembantu.

4. Eksplorasi alam sekitar

Selain hal-hal tersebut, Anda bisa melakukan hal lainnya dengan mengganti suasana kamar misalnya. Suasana kamar ataupun rumah yang berbeda mampu membuat bayi Anda lebih segar dan tak bosan. Anda juga bisa mengganti suasana sekeliling dengan dekorasi yang berbeda, ataupun memindahkan ranjang bayinya ke tempat yang lebih baik dan lebih segar.

5. Ajarkan baca dan menghitung

Jika anak siap, Anda bisa mengajarkannya membaca dan menghitung. Semakin awal sebenarnya semakin baik, namun sesuaikan dengan usia dan kemampuannya. Pengajaran membaca dan menghitung mulai dari dasar atau bisa juga dengan cara kreatif Anda agar ia mudah menerima.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *