5 Cara jaga anak dari bahaya obesitas

No Comments 456 Views0


foo

Obesitas mengancam siapa saja termasuk anak Anda. Jika tak menjaga pola makan dan gaya hidup sejak dini, kemungkinan anak terkena obesitas juga cukup besar. Ia akan tumbuh menjadi anak yang gemuk berlebih, menjadi pasif dan lemah. Karena masa kecil anak harusnya diisi dengan banyak kegiatan dan aktif mengeksplorasi alam serta bermain dengan teman sebayanya, namun kegemukan menjadi penghalang untuknya. Nah, untuk menjaga anak dari bahaya kegemukan atau obesitas yang mengancam, Anda bisa lakukan hal berikut ini.

1. Mulailah sejak awal

Dari usia dini, Anda harus mengenalkannya dengan makanan sehat. Jangan pernah mengenalkannya dengan makanan yang tak sehat, makanan cepat saji atau junk food. Smua jenis makanan ini, jika Anda kenalkan sejak awal, ia akan langsung menyukai dan bisa jadi akan bergantung dengan jenis makanan ini. Namun, makanan sehat yang mungkin saja Anda berikan sejak awal, justru akan membuatnya terbiasa dengan rasa dan juga bentuk. Lama kelamaan ia akan tahu manfaatnya, sehingga bisa menjadikannya gaya hidup.

2. Kreatif siapkan makanan

Anak-anak sangat suka dengan makanan manis, sebaliknya mereka kurang tertarik dengan sayuran. Anda bisa menyiasatinya dengan mempersembahkan presentasi tampilan makanan yang disajikan dengan lebih menarik dan berwarna cerah. Bisa juga Anda bentuk makanan tersebut dengan bentuk wajah, bola dan sebagainya.

3. Hindari cokelat, permen dan makanan manis

Jangan pernah menyediakan makanan manis dalam jumlah banyak di  rumah. Ini hanya akan menjadi tanda bahwa anak Anda bisa memakannya sebanyak mungkin. Biasakan untuk tak tergantung dengan makanan manis agar tubuh mereka tetap terjaga berat idealnya. Cokelat, permen dan makanan manis juga hanya akan memicu kerusakan gigi pada anak.

4. Banyak minum

Air putih menjadi yang paling penting untuk dikonsumsi. Katakan padanya untuk meminum 8 gelas perhari. Namun jangan memaksanya, Anda harus membiarkan anak memperkirakan sendiri seberapa sanggup ia minum air putih.

5. Olahraga dan aktivitas luar ruangan

Ini juga penting untuk menetralkan racun dalam tubuh, menjaga tubuh anak tetap sehat, aktif dan memperkuat daya tahan tubuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *