5 Cara hentikan rengekan anak

No Comments 403 Views0


reng

Anak memang sering merengek jika menginginkan sesuatu, dan seringkali kita kesulitan untuk menghentikannya. Anak yang merengek bisa karena sedang marah, kecewa, dan sedih. Anak yang merengek walaupun terbilang wajar, namun tetap saja amat menyedihkan dan menjadikan stress jika tak segera berakhir. Nah, berikut ini adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk menghentikan rengekan anak.

1. Identifikasi

Katakan pada anak Anda, rengekan yang ia lakukan bukanlah hal yang baik. Bisa jadi ia memang tak tahu apa yang sudah ia perbuat. Dengan memberi tahu bahwa rengekan itu bukan hal yang bisa dipelihara, setidaknya ia tahu bahwa ada hal yang harus dirubah. Kenali tanda-tanda ia sedang marah, sedih atau menginginkan sesuatu.

2. Menahan diri

Anda sebagai orang tua harus bisa menahan diri dengan semua hal yang ia lakukan dengan rengekan. Jangan pernah menuruti atau mengabulkan apa yang ia inginkan jika disertai dengan merengek dan menangis. Jika itu terjadi, ini akan berubah menjadi kebiasaan. Anak akan berpikir bahwa rengekan berhasil membuatnya mendapatkan yang ia inginkan. Ia akan melakukan hal itu terus menerus.

3. Jelaskan

Ketika anak mulai merengek, jelaskan padanya bahwa memang Anda tak mengeti dengan yang ia katakan jika merengek saja. Katakan bahwa ia harus mengatakan dengan jelas apa yang ia inginkan. Hal ini sedikit demi sedikit akan mempermudah komunikasi antara orang tua dan anak menjadi lebih baik.

4. Tolak

Jangan pernah menerima atau mempedulikan rengekan anak  sampai ia berhenti, dan menjelaskan dengan kata-kata apa yang sebenarnya ia inginkan. Jika Anda mengabaikan, anak akan bisa introspeksi diri dan menelaah bagian mana dari perilakunya yang salah. Setidaknya dia akan berusaha mencari tahu.

5. Hadiah

Merengek memang kodratnya seorang anak. Namun lain cerita jika rengekan itu menjadi berlebihan. Setelah melalui tahap=tahap sebelumnya, Anda bisa menjanjikan dan memberi hadiah pada anak jika mereka berhasil merubah sikap dan rengekan dengan sikap yang lebih baik dan kata-kata yang lebih jelas dan sopan. Hadiah bisa beragam, tergantung dari kebutuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *