4 Tips berkemas untuk liburan anak

No Comments 455 Views0


pack

Anda akan liburan bersama anak?, salah satu yang sulit dilakukan menjelang liburan adalah berkemas. Anda dituntut untuk bisa berkemas dengan bijak agar tak ada barang yang tak berguna ikut terbawa, sehingga mengurangi keefektifannya.Namun, ini juga bisa dijadikan waktu yang tepat untuk anak belajar berkemas yang baik. Pelajari tips berkemas liburan untuk anak berikut ini agar lebih memudahkan Anda, para orang tua.

1. Manfaatkan waktu untuk persiapan dengan mengajari anggota keluarga untuk berkemas. Tak perlu panjang lebar, Anda cukup menjelaskan dengan kalimat efektif dan juga bisa dipahami dalam waktu singkat. Jelaskan bagaimana seharusnya berkemas, pilihlah baju dan juga kebutuhan pribadi yang penting saja, Katakan berapa lama liburan akan berlangsung. Dengan membawa pakaian dan juga kebutuhan seperlunya, tak perlu khawatir akan berlebihan. Sebaliknya, jika kekurangan, Anda bisa membelinya nanti ketika di tempat tujuan.

2. Selanjutnya, Anda bisa menunjukkan apa saja yang memang diperlukan untuk liburan kali ini. Tunjukkan barang-barang tersebut disertai dengan gambar dan ilustrasi. Anak-anak lebih menyukai gambar visual karena mudah dipahami dan dilakukan instruksi yang menyertainya. Berikan arahan, nama benda disertai dengan visualisasinya. Misalkan saja jika hendak pergi selama empat hari, anak harus membawa banyak pakaian dalam, tunjukkan nama dan gambar pakaian dalam serta jumlahnya.

3. Sebagai orang tua tentu saja Anda tak bisa berlepas diri sama sekali dengan kesibukan anak. Bantulah ia sedikit dalam berkemas. Mengajarinya bukan berarti membiarkannya sendirian tanpa arahan. Sesekali lihat keadaan dan juga bantu dia memilih. Misalnya saja dengan menyuruhnya meletakkan semua baju yang hendak ia bawa di ranjang. Anda bisa melihat dan mengeliminasi mana saja yang sekiranya kurang pas jika dibawa bepergian.

4. Jika sudah selesai berkemas, Anda harus melatih kepercayaan diri mereka dengan memberi kepercayaan untuk mengatur sendiri baju dan peralatan pribadi untuk dimasukkan dalam tas atau koper. Anda bisa memberinya saran dan masukkan, tapi tetap ia yang harus bertanggung jawab atas barangnya sendiri. Sebagai orang tua yang baik Anda memang harus memberi pengarahan, namun tetap tak boleh berlebihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *