4 Manfaat tidur siang untuk anak

No Comments 509 Views0


kii

Ada begitu banyak manfaat tidur siang bagi anak Anda. Tidur siang biasa dilakukan setelah melakukan kegiatan setelah istirahat siang. Jika anak-anak, biasanya dilakukan sepulang sekolah mereka. Anda perlu membiasakan tidur siang pada anak karena memiliki banyak manfaat yang sangat baik bagi mereka, diantaranya.

1. Meningkatkan kinerja otak

Masa tumbuh kemang anak tentu saja amatlah penting untuk mereka. Begitu banyak makanan bergizi serta multivitamin diberikan pada anak dengan harapan ia bisa cukup meningkatkan fungsi otak anak lebih maksimal. Namun, selain makanan dan juga asupan nutrisi pelengkap, Anda juga bisa membudayakan tidur siang pada anak. Kinerja otak dan energi akan terkumpul kembali setelah istirahat siang dilakukan. Anakpun bisa lebih waspada dan daya ingat lebih kuat karena isi ulang energi sangat efektif. Setidaknya 20 menit sehari biasakan anak untuk beristirahat siang secara teratur. Otak jadi lebih waspada dan tentu saja daya ingat mereka lebih terjaga.

2. Meningkatkan mood

Serotonin dalam tubuh amatlah baik untuk meningkatkan suasana hati yang baik. Jika anak stress dengan pelajaran atau mengalami permasalahan saat di sekolah, bisa jadi ia akan mudah marah, dan emosi meningkat. Ini disebabkan karena penggunaan serotonin yang banyak namun produksinya terhenti. Tidur siang mampu mengembalikan suasana hati membaik seperti semula. Anak Anda akan lebih bisa melanjutkan belajar ataupun bermain dengan lebih ceria.

3. Menjaga kesehatan

Kurang tidur dapat menyebabkan timbulnya banyak penyakit. Karena kelebihan hormon kortisol yang mampu melemahkan sistem otot dan mengurangi kekebalan tubuh. Dengan cukup tidur, zat-zat akan bisa mengembalikan fungsinya seperti semula. Maka cukupkan tidur 20-40 menit di siang hari untuk memulihkan kondisi fisik dan mental anak.

4. Meningkatkan kreativitas

Tidur siang, selain mengembalikan fungsi tubuh seperti semula juga mampu meningkatkan kreativitas pada anak. Selama tidur siang, ia akan mampu menggali lebih dalam pemikirannya sehingga banyak ide baru yang akan muncul setelah ia bangun nanti. Jika setelah beraktivitas anak terlihat lelah dan tak bisa berpikir lagi, berarti ia butuh istirahat. Tidur siang akan mengembalikan kondisinya seperti semula. Ia juga takkan mudah terserang stress karena produksi serotonin terus terpenuhi.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *