4 Hal penting yang tak mungkin diajarkan pada anak

No Comments 473 Views0


kid

Ada banyak hal penting yang tak mungkin diajarkan orang tua pada anaknya. Banyak pula alasan yang membuat hal tersebut terjadi. Kita tahu bersama bahwa memang semua orang ingin yang terbaik untuk anaknya, walaupun begitu, ada kalanya seorang anak perlu berpikir “di luar kotak”, sehingga mereka akan bisa berkembang maksimal. Nah, berikut ini diantara hal-hal yang tak diajarkan orang tua pada anaknya.

1. Lakukan hal yang berbahaya

Anak Anda sesekali perlu melakukan hal yang berbahaya untuk melatih mental dan emosinya. Walaupun kadang pada awalnya itu akan sedikit sulit mengingat selama ini mereka pasti selalu bermain di zona nyaman tanpa kendala yang berarti. Perlu Anda ajarkan pada anak mengenai pentingnya mengeluarkan apa yang ada dalam diri tanpa batas, salah satunya dengan melakukan hal yang tak biasa. Tak apa jika hasilnya kurang baik, yang paling penting adalah proses yang dihadapi dan sensasi yang dihasilkan. Karena jika sudah terbiasa melakkan hal yang biasa saja, tanpa kritik dan cela, dan lurus pastinya, hingga akhirpun orang takkan terlalu memperhatikan apa yang ia lakukan, baik atau buruknya.

2. Tak ada kebahagiaan lama, kecuali berkembang

Anda bisa ajarkan bahwa takkan ada kebahagian yang bertahan lama, karena semuanya bisa saja berakhir. Kecuali jika Anak Anda terus memperkaya diri dengan pengalaman dan pembelajaran dalam mengembangkan diri lebih maksimal. Jangan terlalu fokus pada hasilnya, proses adalah yang paling penting. Jika Anda takut menghadapinya, maka berhenti saja.

3. Persiapan itu penting

Selain proses, tentu saja hal lain yang sama pentingnya adalah persiapan. Setiap proses yang ada harus punya senjata untuk menjalaninya, maka persiapan yang benar adalah kuncinya. Mempersiapkan diri dan mental agar bisa menjalani proses dengan lebih matang, belajar hal yang sekiranya perlu dan juga doa. Berdoa nyata mampu memberi tambahan energi untuk semangat anak.

4. Baik pada orang, membantu tanpa mengharap imbalan

Ajarkan hal ini pada anak. Dengan penanaman prinsip semacam ini, orang akan mengingat dan mengerti bahwa Anda memang terlahir menjadi orang yang baik dan tulus. Orang akan memberi banyak tanggapan positif dan bereaksi baik saat Anda ada dalam kondisi susah nantinya. Anak-anak perlu tahu hal semacam ini untuk membuat mereka selalu berperilaku baik pada semua orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *