4 Hak anak yang wajib dipenuhi orang tua

No Comments 656 Views0


ftr

Orang tua memiliki hak dan kewajiban, begitupun dengan anak Anda. Kedua pihak sama-sama memiliki hal yang harus dilakukan dan diterima. Walaupun Anda pasti tahu apa saja yang perlu dilakukan dan diperhatikan untuk anak, berikut ini adalah hal yang perlu Anda penuhi sebagai orang tua kepada anaknya.

  1. Kebutuhan hidup

Ya tentu saja ini adalah hal utama yang harus Anda penuhi jika memiliki anak. Mulai dari makanan, pakaian, uang, kebutuhan pendamping sehari-hari dan segala pirantinya. Belum lagi jika anak perlu jajan dan sebagainya. Walaupun tidak selalu harus dituruti, Anda harus selalu siap dengan kemungkinan yang ada.

  1. Kebutuhan kasih sayang

Setelah kebutuhan hidup, kasih sayang juga harus dipenuhi oleh orang tua. Seringkali kita jumpai terutama di zaman modern seperti saat ini, orang tua tak mempedulikan kebutuhan kasih sayang anak. Mereka terlalu sibuk dengan usaha pemenuhan materi dan juga pekerjaan serta karir yang dikejar, hingga lupa akan kasih sayang yang harus diberikan pada anak. Anak yang haus kasih sayang biasanya akan berdampak buruk pada kepribadiannya. Si anak ini akan tumbuh menjadi pribadi yang tertutup atau bahkan pembangkang demi mencari perhatian orang tuanya.

  1. Kebutuhan keluarga yang utuh

Sebisa mungkin anak harus mendapatkan kasih sayang yang utuh dari orang tuanya. Antara ayah dan ibu haruslah bisa memberikan perhatian yang seimbang pada anaknya. Sebisa mungkin luangkan waktu untuk meluangkan waktu bersama keluarga bersama. Ini akan menjadikan mereka lebih bisa merasakan kebersamaan, dan akan berlangsung hingga mereka dewasa.

  1. Kebutuhan berpetualang dan berkembang

Anak-anak juga harus mengalami apa yang dinamakan sebagai proses tumbuh dan berkembang. Ia harus Anda bebaskan untuk melakukan apa yang menarik baginya. Bahkan jika itu berbahaya sekalipun, biarkan ia mersakan prosesnya. Jangan pernah melarang anak melakukan yang baik untuk tubuh dan jiwanya, jika Anda tak ingin menyesal saat ia dewasa kelak, karena ini akan membentuk kepribadian mereka dengan baik, lebih tangguh dan memaksimalkan tumbuh kembang.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *