4 Cara Menidurkan Bayi

No Comments 315 Views0


Tentu bunda sudah membaca artikel-artikel sebelumnya dari mulai mengenali ciri bayi sehat, merawat tali pusar bayi yang baru lahir sampai memandikan bayi. Nah sekarang kita akan beralih ke cara menidurkan bayi. Ada beberapa cara yang dapat bunda lakukan untuk bisa menidurkan bayi, simak ya bunda…

  1. Pasang kelambu pada saat bayi tidur siang ataupun malam. Hal ini untuk menjaga bayi dari gigitan nyamuk dan serangga lainnya ketika si bayi tertidur.
  2. Tidurkan bayi secara terlentang atau miring.
  3. Bayi perlu banyak tidur dan hanya bangun kalau lapar.
  4. Jika bayi telah tidur selama 2-3 jam, bangunkan untuk disusui.

Dari semuanya, sebenarnya hal yang paling harus bunda lakukan pada bayi ketika akan tidur adalah memberikan dekapan dan belaian penuh kasih sayang.  Kasih sayang melalui dekapan dan kasih sayang akan meningkatkan emosi antara bunda dan bayi sehingga relasi hubungan akan semakin intens. Lebih dari kelambu dan semuanya, dekapan bunda adalah hal yang paling dibutuhkan bayi.

Ok bunda, kita sama-sama telah belajar mengenai beberapa hal yang harus dilakukan ketika bayi lahir dari memandikan sampai menidurkan. Sekarang kita akan belajar tentang hal-hal apa saja yang perlu dihindari untuk bayi yang baru lahir. Hal-hal itu perlu dihindari agar tumbuh kembang bayi yang baru lahir menjadi lebih baik. Hal-hal itu diantaranya:

  • Hindarkan bayi dari asap dapur dan asap rokok. Orang dewasa saja akan menuai masalah kesehatan jika dipaparkan dengan asap dapur dan asap rokok, apalagi bayi? Jadi bayi tidak boleh dibiarkan terpapar asap rokok dan dapur ya bunda~
  • Hindarkan bayi dari orang sakit. Hal ini untuk menghindari menularnya penyakit orang tersebut pada bayi bunda.
  • Jangan membubuhkan ramuan atau apapun pada tali pusat.
  • Jangan mengasuh bayi sebelum mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir. Hal ini dilakukan untuk menjaga kehigienisan tangan bunda ketika akan mengasuh bayi. Kebersihan tangan amat penting supaya partikel-partikel jahat yang terbawa oleh tangan bunda bisa hilang sebelum menyentuh buah hati.
  • Jangan mengobati sendiri bila sakit. Jangan mengobati bayi yang sakit dengan perkiraan sendiri ya bunda, mintalah petunjuk petugas kesehatan segera ketika bayi sakit.

 

*sumber: diolah dari publikasi data depkes.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *