4 Cara Ajari Anak Cinta Lingkungan

No Comments 469 Views0


Ajari Anak Cinta Lingkungan

Mencintai lingkungan haruslah ditanamkan pada anak sejak ia masih kecil. Kenapa demikian?, Ayah dan bunda yang bijaksana tentu saja akan mengajarkan segala bentuk kebaikan pada san anak, dalam hal apapun. Mulai dari sikap, perilaku, sopan santun, bahkan untuk penjagaan bumi sekalipun. Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga perlu untuk diajarkan hal semacam itu. Bumi sudah semakin tua, eksplorasi berlebihan menyebabkan alam mulai menunjukkan ketidakberdayaannya. Sebagai manusia yang memikirkan anak dan keturunannya nanti, tentu mulai saat ini harus dilakukan upaya untuk mengatasinya. Anak bunda juga haruslah mulai dilibatkan dalam perawatan lingkungan ini.

1. Menghemat

Upaya menghemat harus dilakukan dan diajarkan bahkan walaupun bumi masih sehat dan kekayaan alam berlimpah. Penghematan air, listrik dan juga bahan bakar yang setiap hari dibutuhkan manusia. Jika mereka tak melakukannya sejak sekarang, bisa jadi saat ia dewasa kelak, kecil kemungkinan anak bunda masih bisa menikmati hal-hal tersebut.

2. Buang Sampah Pada Tempatnya

Membuang sampah pada tempatnya adalah hal yang juga penting untuk menjaga keseimbangan alam. Sampah yang biasa dibuang sembarangan, di sungai atau tempat yang tak semestinya, bahkan tanpa proses pendauran ulang yang benar, pada akhirnya bisa mengganggu ekosistem dan juga bahkan penyakit yang menyerang anak Anda. Pemisahan sampah yang bisa dimanfaatkan lagi serta sampah yang akan diuraikan oleh mikro organisme hingga pada akhirnya keseimbangan alam terjaga.

3. Sayangi Tanaman Hijau

Tanaman hijau sangat baik untuk menampung oksigen dan menampung cadangan air. Ajari anak untuk memperbanyak tanaman dan menyayangi tumbuhan yang ada di sekitarnya. Jika ini bisa dilakukan, anak akan bisa menjaga masa depannya lebih baik. Penghematan, keseimbangan alam dan kebutuhan pokok manusia yang masih bisa dipenuhi bahkan saat alam kurang bersahabat.

4. Ubah Kebiasaan

Jika biasanya banyak orang tua memanjakannya dengan antar jemput ke sekolah dengan kendaraan bermotor dan angkutan lain dengan bahan bakar, Anda bisa menggantinya dengan bersepeda atau berjalan kaki. Kesemuanya juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mereka.

 

Mengajari anak untuk cinta pada lingkungan perlu bunda lakukan sejak dini. Mulailah dengan hal-hal yang sederhana namun mempunyai efek yang besar terhadap kelestarian lingkungan seperti 4 poin di atas. Semoga dengan itu, setelah dewasapun anak-anak bunda tetap menjadi pribadi yang cinta dan mau menjaga serta merawat kelestarian lingkungan di sekitarnya.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi bunda dan semoga bunda beserta buah hati selalu dalam keadaan sehat selalu ya, salam anak cerdas bunda hebat! 🙂

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *