3 Tips mudah atasi anak manja

No Comments 488 Views0


bos

Seringkali orang tua kesulitan menghadapi polah tingkah anak manja, namun bukan berarti tak ada hal yang bisa dilakukan untuk menanganinya. Biasanya anak manja menampakkannya  dalam banyak hal, mulai dari soal makanan, mainan, hingga hal-hal yang mungkin dianggap belum terlalu penting. Maka dari itu, kenalilah sejak dini penyebabnya agar Anda bisa mendapat solusi tepat mengatasi dan menyembuhkan mereka.

1. Anak manja karena lingkungan

Seorang anak menjadi manja terutama karena faktor lingkungan. Jika dia dibesarkan dengan beragam limpahan materi dan juga semua kebutuhan yang sudah tercukupi. Memang maksudnya baik, sebagai orang tua berusaha memberikan yang terbaik untuk buah hatinya. Namun, biasanya ia akan menjadi anak yang bossy. Mudah memerintah orang karena ia merasa memiliki kuasa. Jika hal ini dibiarkan, ia akan tumbuh jadi anak yang egois. Anda bisa mengatasinya dengan mulai merubah pola asuh yang selama ini Anda terapkan. Jangan mudah menuruti semua keinginan anak. Katakan padanya bahwa untuk mendapatkan sesuatu membutuhkan perjuangan, termasuk dirinya. Mintalah ia berusaha dahulu. Misalnya jika ia ingin sepeda baru, nilai sekolahnya harus bagus atau ia harus mendapat peringkat tertentu. Ini juga akan mengajarkannya berusaha sehingga ia tak terus tergantung pada orang tuanya.

2. Anak manja karena sendirian

Biasanya anak Anda menjadi manja karena selama ini ia selalu mendapatkan perhatian penuh dari orang tuanya. Ini bisa disebabkan karena ia sendirian atau tak memiliki saudara, sehingga sifat ingin menang sendiri menjadi hal biasa. Anda bisa mengajarkan ia untuk mulai bersosialisasi dengan memasukkannya ke playgroup atau TK misalnya. Dengan bersama teman, seorang anak akan belajar menjadi makhluk sosial secara perlahan. Lambat laun mereka akan mengeti bagaimana bahagianya berbagi. Biarkan saja ia bersama teman-temannya, karena ini juga melatih kemandiriannya. Solusi lainnya, Anda bisa mulai memikirkan memberinya anggota keluarga baru.

3 Anak manja karena kebiasaan

Selain lingkungan, kebiasaan dan ajaran yang diberikan orang tuanya menjadi penentu sifat dan sikapnya kelak. Coba lihat apa selama ini Anda selalu menuruti keinginannya, atau Anda selalu takluk dengan tangisan dan rengekannya. Jika ini dilakukan, maka jangan salahkan mereka jika bersikap seperti itu. Anda bisa merubahnya dengan mengajarinya secara perlahan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *