3 pertanyaan wajib dari para ibu

No Comments 406 Views0


cry

Ada banyak pertanyaan seputar perawatan bayi dan juga anak yang sering dilontarkan para ibu kepada ahli gizi ataupun sesama orang tua. Tentu saja hal ini perlu jawaban tersendiri dan jelas untuk memberikan pengasuhan yang baik untuk anak. Berikut ini diantaranya.

1. ASI atau susu formula?

Ini pertanyaan wajib yang sering sekali dipertanyakan. Yaitu mengenai mana diantara ASI dan susu formula yang paling baik untuk anak. Biasanya orang tua yang menanyakan hal ini adalah mereka yang sudah bekerja dan masih harus menuntaskan kewajiban di tempat kerja, sehingga tak bisa setiap hari menghabiskan waktu bahkan merawat anaknya. Jawabannya tentu saja ASI yang lebih baik. Sesibuk apapun ibu dalam bekerja dan berkarir, pemberian ASI eksklusif 2 tahun tak boleh  dilewatkan. ASI sangat bermanfaat bagi anak, terutama untuk ketahanan tubuh mereka. ASI juga nyatanya ampuh meningkatkan kecerdasan anak, dan masih banyak manfaat lain yang bisa didapat dari ASI untuk anak. yang paling penting, anak akan memiliki ikatan batin yang kuat dengan ibunya.

2. Kenapa bayi saya menangis, dan bagaimana menghentikan tangisnya?

Memang bayi yang baru lahir hanya bisa menangis, makan dan tidur. Bisa dibilang permasalahan mereka menangis karena hal tersebut. Bayi bisa menangis karena lapar, karena popoknya kotor dan basah, serta karena tak nyaman. Jika di awal Anda belum bisa membedakannya, lambat laun Anda sebagai orang tua pasti bisa mempelajari apa saja yang membuat bayi Anda menangis. Solusi untuk menghentikan tangisnya tentu saja dengan mengatasi persoalan yang mereka hadapi. Beri ASI jika lapar, ganti popok jika kotor atau ganti baju yang nyaman.

3. Kenapa tinja bayi berwarna oranye

Mungkin sebagai orang tua Anda akan khawatir mengapa tinja bayi bisa berwarna oranye. jangan terlalu khawatir, tinja bayi Anda tergantung dari apa yang ia makan. Pada masa awal, biasanya tinja akan berwarna kehitaman, namun berubah oranye karena ASI yang berwarna cair dan kekuningan. Tinja bayi bisa berubah warna. Jika berwarna hitam awal lahir itu biasa, namun jika hitam setelahnya, atau berwarna putih bahkan merah, bisa jadi terjadi masalah pada bayi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *