3 Kelebihan Anak Disleksia

No Comments 1565 Views0


3 Kelebihan Anak Disleksia

Bunda, apa anda sering dihinggapi rasa tertekan atau stress dengan anak yang mengidap disleksia? Mungkin anda tak sadar jika anak disleksia juga punya banyak kelebihan. Tuhan selalu memberi karunia dibalik kekurangan dan kelemahan manusia, begitupun dengan anak disleksia. Diantara kelebihan mereka adalah:

1. Punya Pandangan Berbeda

Anak disleksia bukannya tanpa bakat sama sekali, mereka justru memiliki cara pandang yang akan mampu memperkaya pengetahuan dan khazanah keilmuan manusia pada umumnya. Apa yang tampak di mata dan penerjemahan otak mereka sangat berbeda dengan orang kebanyakan. Biasanya mereka melihat secara umum dan tidak pada detailnya. Seperti dalam mahakarya penerima nobel di tahun 2009, Carol Grieder, ahli biologi molekuler yang juga mengidap disleksia. Dalam penglihatannya pada molekul DNA yang tampak dari mikroskop, menunjukkan sesuatu yang tak seharusnya ada di sana. Iapun mengembangkan enzim yang penting untuk penelitian kanker dan penuaan. Disleksia yang ia miliki nyatanya bisa memberi sumbangsih dalam kehidup manusia, yang justru tak ditemukan orang normal pada umumnya.

2. Melihat Yang Tak Dilihat

Salah satu kelebihan anak disleksia adalah mereka yang memiliki cara pandang yang berbeda dengan manusia dan anak pada umumnya. Mereka melihat apa yang tak dilihat dan diperhatikan oleh orang lain. Anak disleksia melihat huruf-huruf bergerak. Walaupun dalam kondisi biasa ini menyulitkannya, namun anda akan sangat terbantu dengan anak disleksia dalam pemecahan kode, simbol dan juga kata kunci rahasia, karena imajinasi mereka yang luar biasa.

3. Pemikir Visual

Mereka belajar dan amat menyukai gambar dan pengalaman pembelajaran langsung. Inilah mengapa kebanyakan anak disleksia bekerja di laboratorium sains. Selain itu, mereka juga amat mengingat hal dengan gambar. Jika Anda memberinya petunjuk dan pengajaran dengan gambar, mereka akan langsung memahaminya. Kelebihan anak disleksia ini bisa Anda jadikan senjata untuk mengarahkan mereka ke jalan yang sesuai dengan bakatnya, bukan malah memaksa mereka mempelajari banyak hal yang biasa dilakukan anak-anak lain pada umumnya. Mereka spesial dan Anda orang tua spesial yang beruntung memilikinya.

 

Wah, ternyata anak disleksia memiliki kelebihan yang luar biasa ya bunda. Tuhan memang menciptakan sesuatu dengan segala kelebihan dan kekurangannya, namun sesuatu yang bagi orang dinilai sebagai suatu kekurangan justu bisa berbalik menjadi sebuah kelebihan. Jika bunda memiliki anak penderita disleksia jangan pernah berkecil hati, karena dia pada dasarnya adalah spesial. Semoga informasi ini bermanfaat dan bunda beserta buah hati selalu sehat ya~

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *