4 Cara Jadikan Anak Cinta Lingkungan

No Comments 410 Views0


5 Ciri Anak Masa Depan Cerah

Ada banyak cara untuk menjadikan anak sadar dan cinta dengan keadaan lingkungan di sekitarnya. Berikut ini ada 3 cara yang bisa bunda lakukan untuk membuat anak sadar dan mau melindungi lingkungannya.

1. Menghargai Air

Anak bisa diajarkan sejak dini untuk berlaku bijak terhadap semua hal yang berkaitan dengan penggunaan air. Air di bumi ini tentu saja melimpah, namun lambat laun akan menipis seiring dengan eksploitasi dan penggunaannya yang kurang bijaksana. Bunda bisa mengajarkan anak untuk mempergunakan air dengan lebih bijaksana misalnya dengan menutup keran saat tidak digunakan di kamar mandi, atau mempergunakan air untuk keperluan pokok dan penting saja setiap harinya.

2. Ajarkan Tentang Global Warming

Meskipun sebenarnya ini menjadi topik yang sedikit berat untuk anak, bunda tetap bisa mulai untuk memperkenalkan akan kritisnya bumi saat ini. Banyaknya penebangan liar, pemborosan listrik efek rumah kaca dan sebagainya yang menyebabkan ketidakteraturan bumi. Ajari anak untuk menghemat penggunaan listrik, mencintai alam dengan menanam banyak pohon karena banyak lahan yang memang sudah berubah menjadi bangunan tinggi hingga memuat minimnya daerah resapan. Anak bisa mulai melakukan gerakan sejuta pohon misalnya bersama teman-temannya untuk mencintai alam dengan cara mereka.

3. Mulai Lakukan Sesuatu

Anak bunda masih akan hidup dalam waktu yang lama beserta keturunannya. Sadarkan anak bahwa memang mereka juga yang akan menikmati kebaikan alam ini. Maka dari itu penjagaan harus dilakukan mulai sekarang. Mulai dari penghematan listrik, bahan bakar, air beserta penggunaan yang lebih bijaksana dan seperlunya saja. Hal konkret lainnya yang bisa dilakukan yaitu mengajarkan untuk mencintai tanaman dan tumbuhan hijau untuk kebutuhan oksigen seta penyerapan karbon dioksida. Jika anak memiliki ponsel, ingatkan selalu untuk mencabut charger saat baterai sudah penuh.

4. Kurangi Penggunaan Plastik

Plastik menjadi salah satu produk yang sulit diuraikan. Butuh waktu puluhan tahun untuk bisa mengurainya. Maka dari itu, biasakan anak untuk menggunakan bahan jenis kertas saja untuk penggunaan sehari-hari. Dengan begini, anak tak hanya akan menghemat namun juga membantu meminimalkan waktu dan eksploitasi alam.

 

Nah, itulah 4 cara yang bisa bunda ajarkan pada buah hati untuk cinta pada lingkungannya. Meskipun anak masih dalam usia kanak-kanak/dini, tapi pentingnya mencintai lingkungan perlu untuk ditanamkan sejak kecil juga. Semoga dengan informasi ini buah hati bunda menjadi lebih peduli dengan lingkungan di sekitarnya paling tidak dari hal-hal yang terkecil dahulu seperti mengurangi penggunaan plastik di atas. Semoga informasi ini bermanfaat dan bunda beserta buah hati selalu sehat ya~ 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *