3 Cara bangkitkan motivasi anak

No Comments 406 Views0


mot

Membangkitkan motivasi anak adalah hal yang mudah jika Anda tahu caranya. Motivasi menjadi hal penting karena dengannya anak bisa lebih memiliki tujuan dalam hidupnya untuk mendapatkan sesuatu. Karena jika kita sebagai orang tua memaksa ia melakukan sesuatu yang tak mereka inginkan akan menjadi beban, sementara jika memaksa ia berhenti dari hal yang ia suka, itu juga tak benar. Maka dari itu, Anda harus bisa membangkitkan motivasi mereka untuk lebih termotivasi. Nah, bagaimana cara membangkitkan motivasi anak semakin baik?, berikut kami sajikan jawaban ringan untuk Anda.

1. Janjikan hadiah

Ini satu hal yang sudah biasa terdengar memang. Menjanjikan anak hadiah atas apa yang mereka lakukan memang akan lebih bermanfaat dan menaikkan motivasi. Ia bisa semakin tertarik dan ingin melakukan yang kita inginkan. Salah satu cara yang apik adalah ketika Anda ingin membuatnya berhenti makan cokelat, Anda justru bisa menjanjikannya hadiah cokelat jika ia mau melakukan suatu hal misalnya ikut les renang. Padahal tujuan sebenarnya justru ingin menyibukkan ia dengan hal lain selain hobinya pada cokelat. Nah, ketika anak sudah mulai menikmati apa yang ia lakukan kemudian, seperti les renang ini, maka Anda tak perlu repot-repot menghalangi karena ia sudah tak tertarik lagi pada cokelat.

2. Pembicaraan yang penuh makna

Kadangkala ketika anak diajak mengobrol orang tuanya, ia takkan begitu detail untuk memperhatikan dan justru tak mau menurut. Anda bisa lakukan perbincangan yang ringan namun penuh makna. Penggunaan kata “harus dan “sebaiknya” bisa Anda biasakan pada mereka agar alam bawah sadar merespon hal tersebut memang yang seharusnya dilakukan. Tak perlu dengan kekerasan, cukup sampaikan dengan santai yang justru itu akan amat berdampak pada mereka, dan pada akhirnya mereka melakukan yang Anda katakan.

3. Abaikan kekurangan

Mana ada manusia yang sempurna di muka bumi ini, termasuk anak Anda. Jangan pernah mengungkit apa yang tak bisa mereka lakukan ataupun kelemahan mereka. Sebaliknya, Anda harus terus memberikan semangat atas apa yang mereka punya. Dengan memberikan semangat dan juga motivasi untuk terus mengasah bakat yang mereka miliki, anak akan berkembang dengan penuh hasrat dan semangat.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *