5 Hal penting tentang menyusui

No Comments 539 Views0


bres

Setelah melahirkan, proses penting selanjutnya adalah menyusui. Dalam menyusuipun ada beberapa hal penting yang wajib diketahui oleh para ibu muda agar prosesi menyusui mereka berjalan lancar, menyenangkan bahkan membahagiakan.

1. ASI itu sangat sehat

Para ibu muda, Anda pasti ingin yang terbaik untuk ank Anda. Ini bisa Anda berikan dan mulai sedari ia masih kecil atau bahkan baru lahir. Salah satunya adalah dengan memberikan ASI eksklusif. ASI amatlah baik untuk membentuk antibodi anak untuk ketahanan tubuhnya yang ini tentu tak bisa ditemukan di produk lainnya. ASI juga terbukti mampu mencegah diare, infeksi telinga,  konstipasi dan bahkan permasalahan metabolisme dalam tubuh anak Anda.

2. Menyusui baik juga untuk si ibu

Selain baik untuk anak Anda, menyusui juga terbukti baik untuk tubuh ibu. Selain meminimalkan kanker rahim di kemudian hari, menyusui nyata mampu pula mempercepat proses pengembalian bentuk tubuh Anda semula. Proses menyusui juga sangat efektif untuk melepas hormon prolactin dan oxytocin. Ibaratnya, bayi Anda benar-benar terisi dengan segala macam zat yang ia butuhkan adalah saat ia disusui oleh ibunya.

3. Menghemat uang

Selepas melahirkan, tentu saja banyak yang harus dikeluarkan untuk keperluan bayi. Bagaimana jadinya jika Anda masih harus mengeluarkan banyak uang setiap bulannya untuk keperluan susu formula bagi bayi. Dengan memberikan ASI eksklusif, pengeluaran bisa dialihkan ke keperluan lain yang lebih penting.

4. Cukupi nutrisi

Anda adalah penyuplai makanan untuk anak, maka Anda haruslah menjaga setiap asupan makanan untuk anak selalu terjaga. Caranya adalah dengan mengkonsumsi cukup vitamin dan makanan. Anda juga harus membakar hingga lebih dari 500 kalori untuk menyusui. Cukupi asupan cairan agar selalu terhidrasi. Minuman bisa berupa air putih ataupun minuman segar dari jus buah. Usahakan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

5. ASI dan susu formula jadi pilihan

Jika Anda adalah wanita karir dan perlu kembali bekerja setelah melahirkan, Anda bisa mengkombinasikan ASI dengan susu formula. Berikan ASI saat Anda berada di rumah atau libur. Namun jika Anda hendak bekerja, Anda bisa memberinya susu formula untuk kepraktisan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *